profile

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional belum lama ini merilis daftar 50 perguruan tinggi yang menjanjikan, atau 50 Promising Indonesian Universities. Dari daftar itu, ada 28 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 22 perguruan tinggi swasta (PTS). Salah satunya adalah Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. Dalam sejarah perkembangannya, perubahan perubahan yang terjadi meliputi bukan saja nama dan tempat kedudukannya, tetapi juga status serta program program pendidikan yang dikembangkannya, sesuai dengan kebijakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan di tanah air.

Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang dan periode UNP.

Setelah menjadi universitas, UNP memiliki 7 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ekonomi (FE), dan Program Pascasarjana. Pada akhir 2014, UNP diizinkan mengembangkan fakultas baru yaitu Fakultas Pariwisata dan Perhotelan yang merupakan pengembangan dari Jurusan PKK FT UNP.

Kemudian, sejak tanggal 17 Februari 2015, Universitas Negeri Padang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PK-BLU dengan status Badan Layanan Umum secara penuh pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Keputusan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 335/KMK.05/2015 tanggal 17 Februari 2015.